OSTEOARTRITIS

OSTEOARTRITIS

Apa itu Osteoartritis….

Osteoartrisis adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan penghancuran dan kehilangan tulang rawan darii satu atau beberapa sendi. Osteoartritis dapat menyerang sendi tangan, kaki, tulang belakang dan sendi penumpu berat seperti panggul dan lutut.

Faktor yang menyebabkan terjadinya osteoartritis antara lain

*Usia

*Keturunan

*Trauma berulang pada sendi

Dengan bertambahnya usia, protein pembentuktulang rawan sendi mengalami penipisan. Dan juga tulang tersebut tidak memiliki lapisan mrmbran sinoval yang akan menghasilkan minyak sinoval untuk mempermudah gerakan pada setiap persendian.Minyak sinoval diibaratkan seperti oli pada mesin.Apabila pada mesin tersebut olinya telah habis, maka tidak dapat bergerak secara maksimal.Begitujuga dengan persendian pada manusia.Bayangkan apabila seseorang tidak memiliki minyak sinoval,Maka persendian tersebut akan mengalami kesakitan setiap kali melakukan gerakan-gerakan.

Gejala Osteoartritis yang paling sering berupa nyeri sendi setelah bekerja, dan nyeri tersebut akan berkurang setelah beristirahat.Pada sendi yang terkena penyakit ini juga dapat ditemukan pembengkakan, rasa hangat dan sendi bersuara ketika digerakkan. Misalnya apabila dari saat kita sedang dalam keadaan duduk bersila, kemudian akan berdiri, tulang pada lutut akan berbunyi ”klik” yang berarti antara tulang kaki atas dan tulang kaki bawah mengalami gesekan karena tidak adanya bantalan pada sendi (minyak sinoval).Nyeri sendi juga akan menimbulkan keterbatasan gerak sendi .Osteoartritis yang paling sering ditemukan dapat menimbulkan kelainan bentuk lutut (tungkai berbentuk O).Nyeri pada lutut disertai kelainan betuk tungkai dan akan menyebabkan penderita berjalan pincang.

Osteoartritis juga dapat menyerang tulang belakang yang dapat memberikan rasa nyeri di leher atau punggung bawah.

Cara mengobati penyakit ini dapat dilakukan dengan cara :

*Terapi

*Memberikan obat-obatan dengan resep dokter

*Mengurangi berat badan yang berlebihan untuk mengurangi tumpuan pada bagian tertentu

Pada penderita yang memiliki penyakit ini juga dianjurakan untuk tidak melakukan banyak gerakan yang dapat menimbulkan rasa nyeri.Apabila hal itu terjadi penderita harus istirahat dan meminum obat.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat untuk anda.Apabila anda orang yang banyak ilmu, maka sebarluaskanlah hal yang sedikit ini agar bermanfaat untuk semua orang.

2 thoughts on “OSTEOARTRITIS

Katakan Sesuatu Tentang Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s